Pengunjung

Visits today: _
Total Visits:_
Online:0

 

SIAP SUKSESKAN VAKSINASI COVID-19

Call Dinkes (0355) 321924

Monitoring dan Evaluasi Program KAMIDANSA BALI

Penyehat Tradisional (HATTRA) banyak tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung, karena banyaknya kebutuhan atau minat dari masyarakat baik yang sudah terdaftar maupun belum terdaftar. Sebagai upaya perlindungan terhadap masyarakat, Dinas Kesehatan sudah melakukan berbagai upaya baik berupa peningkatan kompetensi berupa pelatihan, pembinaan, monitoring dan evaluasi secara berkala serta penentuan syarat operasional dengan penerbitan Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT) sebagai penertiban dan perlindungan konsumen (masyarakat) bekerja sama dengan Asosiasi Penyehat Tradisional.

Dalam upaya pembinaan Dinas Kesehatan bekerjasama dengan instansi dan sektor lain baik instasi Pemerintah, Swasta maupun LSM. Salah satu pilot project yang sedang berjalan yaitu “KAMI DANSA BALI” yang merupakan kepanjangan dari : Kader Mitra Bidan Sahabat Balita dan Ibu. “KAMI DANSA BALI” merupakan program inovasi dari Dinas Kesehatan yang diprakarsai oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmad, MMRS bekerja sama dengan RSUD dr Iskak dengan menggandeng Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU) Tùlungagung.

Kegiatan kemitraan tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap angka penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB) di Kabupaten Tulungagung, dimana kader kesehatan / penyehat tradisional bekerja di ranah upaya promotif dan preventif bersama bidan desa. Manfaat kegiatan ini bagi penyehat tradisional atau kader adalah (1). Dapat mengakses informasi, konsultasi dan melakukan pendampingan pada ibu hamil yang memerlukan pelayanan kesehatan (2). Mampu memberikan perawatan pada bayi baru lahir dan lain – lain , sedangkan bagi bidan desa akan memudahkan dalam memonitoring ibu hamil dan bayi di wilayah kerjanya.

Kompetensi yang sudah diberikan kepada Penyehat Tradisional (Hattra) antara lain : Regulasi Penyehat Tradisional, Alur Rujukan PSC, Aplikasi Home Care Plus, Teknik Pendampingan Balita, Nutrisi pada Bayi Bermasalah, Perawatan Metode kangguru pada BBLR, Perwatan Bayi baru Lahir, Perawatan Ibu Nifas, Senam Hamil dan Nifas, pendampingan Ibu Hamil, Pijat ibu Hamil dan Nifas. (nq/dinkes)

Leave a Reply