Melacak Ibu Hamil KEK ke Pucanglaban

Kasus Ibu hamil yang mengalami KEK di Tulungagung memang tidak terlalu tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Tulungagung jumlah kematian Ibu dan Anak dari tahun ke tahun semakin menurun, hal ini dikarenakan pelaksanaan kelahiran telah dibantu oleh tenaga kesehatan secara keseluruhan dan bahkan dukun bayi di desa dijadikan sebagai mitra tenaga kesehatan untuk memandikan bayi yang lahir. Namun masih ada di beberapa daerah di Tulungagung yang masih terdapat kasus ibu hamil KEK. Pihak Dinas Kesehatan Tulungagung bersama dengan mahasiswa magang dari FKM Universitas Airlangga Surabaya mengunjungi Puskesmas Pucanglaban tepatnya pada 10 Pebruari 2015 menemukan kasus ibu …Read more »

Gerakan Kerja Bakti Serentak PSN DBD

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang menginfeksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang terinfeksi. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah menjadi masalah nasional karena jumlah penderita dan kematian yang diakibatkannya cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat. Di Kecamatan Tulungagung kasus penderita DBD cukup tinggi meski tidak ada kasus kematian. Oleh Karena itu diperlukan adanya suatu penanganan yang serius untuk mengantisipasi merebaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Tulungagung. Atas dasar himbauan Bupati Tulungagung dalam Penanggulangan Kasus Demam Berdarah yang akhir-akhir ini …Read more »

Chikungunya bukan penyakit mematikan

Akhir-akhir ini banyak ditemukan kasus demam yang disertai nyeri sendi di beberapa daerah. Meskipun belum dipastikan lewat pemeriksaan contoh darah (serologi), dari gejala klinis yang dialami penderita hampir dipastikan penyakit yang dianggap misterius oleh masyarakat itu adalah demam Chikungunya. Menurut Dr. Thomas Suroso, MPH, Direktur Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang Ditjen PPM dan PL Departemen Kesehatan Republik Indonesia, gejala klinis yang dimaksud mirip dengan gejala demam berdarah dengue yaitu demam mendadak, menggigil, muka kemerahan, mual, muntah, nyeri punggung, nyeri kepala, Fotofobia, dan timbul bintik-bintik kemerahan terutama di daerah badan. Nyeri sendi terutama di sendi siku, lutut, pergelangan kaki dan sendi-sendi kecil …Read more »

Lindungi Ibu dan Bayi dengan Imunisasi

Dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, masih ditemukan tantangan besar dalam pembangunan kesehatan, yaitu Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Mengutip data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 menunjukkan bahwa AKI sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan AKB sebesar 32 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2012. Ini berarti di Indonesia, ditemukan kurang lebih 44 orang ibu meninggal dan 440 bayi yang meninggal setiap harinya. Merujuk pada penyebab kematian ibu, penyebab langsung terbanyak kematian ibu adalah perdarahan, infeksi dan hiertensi dalam kehamilan; penyebab kematian bayi terbanyak disebabkan oleh masalah neonatal seperti berat bayi …Read more »

Warga Pulotondo manfaatkan TOGA untuk kesejahteraan keluarga

Dari agenda kunjungan Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK dari Provinsi Jawa Timur di Desa Pulotondo, Kecamatan Ngunut pada Selasa (11/11/2014) yang lalu diketahui bahwa Desa Pulotondo telah berhasil membudidayakan tanaman obat keluarga (TOGA) dan dimanfaatkan sebagai jamu untuk pengobatan tradisional, dan bahkan makanan dan minuman. Hal ini tak lepas dari peran serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung yang sudah melakukan pembinaan dan pelatihan sejak tahun 2012. Dari pelatihan tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan desa percontohan TOGA di setiap kecamatan di Kabupaten Tulungagung dengan pembudidayaan 10 jenis tanaman obat keluarga dan salah satunya yang menonjol …Read more »

Peta Wilayah

Categories

Archives

Kalender

March 2015
M T W T F S S
« Feb    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Tulis alamat email anda untuk berlangganan dan mendapatkan update dari website kami.

Join 11 other subscribers

Statistik

Visits today:
Total Visits:
Online:
IP Address:54.145.254.249
Top Browser:Page: Home
Top OS: Page: Home