Peta Wilayah

Calendar

April 2014
M T W T F S S
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Partisipasi Dinas Kesehatan dalam Penilaian Lomba PKK

Pada Selasa, 18 Maret 2014 yang lalu, di Kabupaten Tulungagung ada perhelatan besar yaitu evaluasi oleh Tim PKK Tingkat Nasional dalam Lomba Pemanfaatan Pekarangan dengan Hatinya (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK yang dipusatkan di Desa Moyoketen, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

Dinas Kesehatan sebagai SKPD yang turut berperan serta dalam menunjang suksesnya pelaksanaan penilaian ini menyiapkan 3 pos, diantaranya : 1) Posyandu Balita, 2) Percontohan Rumah Sehat, dan 3) Percontohan Tanaman Obat-obatan Keluarga (TOGA). Dimana pada Posyandu Balita dilaksanakan pelayanan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak),  Gizi, KB, Imunisasi, Penanggulangan Diare serta ditampilkan display jamu dari hasil olahan pemanfaatan pekarangan. Sedangkan untuk Pos Rumah Sehat dan Pemanfaatan TOGA ditampilkan pemanfaatan perkarangan dengan menyampaikan jenis TOGA dan jenis sayuran yang dapat dihasilkan. Dalam setiap pos disiagakan narasumber-narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung yang membidangi.

Ketua Tim Penilai Nasional, Ismarliyah Iswarto dalam sambutannya menyampaikan terimakasih terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung atas upaya meningkatkan 10 Program PKK di wilayah ini. Karena kerja keras, partisipasi masyarakat dan pemerintah, kabupaten ini mampu masuk 6 besar dalam lomba Hatinya PKK. Menurutnya, keikutsertaan Kabupaten Tulungagung dalam ajang kali ini mewakili Jatim bukan semata mengejar target juara, tetapi lebih pada menilai sejauh mana manfaat PKK dalam meningkatkan pembangunan. Mengingat, PKK adalah mitra kerja pemerintah yang turut meningkatkan hasil pembangunan disegala bidang. (afs/dinkes)

simpus

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS TULUNGAGUNG (SIMPUSTA)

Software aplikasi ini di design sebagai alat perekam data seluruh kegiatan puskesmas sehingga tidak lagi petugas direpotkan oleh hal-hal yang semestinya sudah dapat diproses melalui komputerise. Tahun 2007 ini merupakan awal pengembangan aplikasi ini yang dimulai dengan aplikasi Loket, rawat jalan (BP), Gigi, KIA dan Apotek, meski pada tahun ini belum sempurna. Penyempurnaan ini akan terjadi jika user dipuskesmas dapat memberikan masukan terhadap kekurangan aplikasi ini dalam merekam atau mengeluarkan output (informasi yang dibutuhkan puskesmas/lainnya).

Ke depan SIMPUSTA (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Tulungagung) akan mencakup kegiatan puskesmas (dulu: SP2TP), Simpeg, Data dasar puskesmas dan kegiatan lain yang memerlukan dukungan aplikasi. Pemilihan menggunakan Acces lebih didasarkan pada kemudahan dan kebiasaan kita selama ini menggunakan Microsoft office, di samping kemampuan tenaga programmer ditingkat kabupaten yang belum memadai. Bermodalkan kemauan dan komitmen bersama untuk menghasilkan manfaat bagi semua orang maka aplikasi ini akan menjadi sempurna, ditunjang dengan peningkatan ketrampilan semua petugas kesehatan dalam penggunaan komputer.
Dalam mendukung kemampuan SDM juga dilakukan kalakarya di Kabupaten dengan paket 5 orang yaitu petugas Loket, BP, Gigi, KIA/Imunisasi dan Apotek ditambah operator yang akan bertugas mendampingi untuk pelaksanaan di puskesmas. Jadual menyesuaikan dengan kegiatan puskesmas maupun dinas, mengingat Tim SIK Tulungagung masih sedikit. Timnya SIK Tulungagung yaitu; Anna Sapti Saripah, SKM dan Dr M. Mastur sebagai Tim Manajemen SIK, Saifuddin Zuhri, SSi, MM, Sajimin, SKM, Paijan, Agus Sairi dan Sasmito sebagai Tim Software & hardware.

Dinkes gelar Tasyakuran peringati HKN ke 49 dengan potong tumpeng

Bertempat di Gedung Sabha Husada Bakti, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, pada Selasa, 12 Nopember 2013 kemarin digelar acara tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 49 dengan pemotongan tumpeng.

Dengan dihadiri oleh sekitar kurang lebih 200 karyawan/karyawati perwakilan dari Puskesmas se Kabupaten Tulungagung beserta pejabat struktural dan staf Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, suasana tasyakuran berlangsung meriah. Tampak suasana kebersamaan yang hangat diantara karyawan/karyawati lingkup Dinas Kesehatan dan Puskesmas saat menikmati tumpeng-tumpeng yang telah disediakan,

Tujuan diadakannya kegiatan ini selain untuk memperingati HKN, juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan serta kesetiakawanan antar pegawai sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Gatot D.P. Poerwanto, MKK dalam sambutannya.

Kegiatan dimulai pukul 11.00 wib hingga selesai. (afs/dinkes)

Partisipasi Dinkes dalam Gelar Pelayanan Publik 2013

Dalam rangka ikut memeriahkan kegiatan Gelar Pelayanan Publik yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Tulungagung pada tanggal 12-14 Nopember 2013, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung turut berpartisipasi dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengunjung dalam stand yang telah disediakan.

Pada event tahunan yang diikuti oleh SKPD-SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung ini, stand Dinas Kesehatan menyiagakan 12 orang Dokter, 6 orang Perawat, 6 orang Petugas Laborat, 12 orang Asisten Apoteker/Apoteker. Para tenaga kesehatan dari beberapa Puskesmas terpilih tersebut dibagi dalam 2 shift (pagi dan sore) setiap harinya dan siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

Masyarakat yang datang mengunjungi stan Dinkes terlihat antusias dengan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan. Hingga pukul 20.00 hari pertama Gelar Pelayanan Publik digelar sudah 109 orang yang memeriksakan diri pada Dokter yang disiagakan. (afs/dinkes)

Khitanan Massal memperingati Hari Korpri ke 42 dan HKN ke 49

Bertempat di kampus STAI Diponegoro Tulungagung, pada Minggu, 10 Nopember 2013 dilaksanakan kegiatan Khitanan Massal dan Pengobatan Massal dalam rangka memperingati HUT Korpri ke 42 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 49.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung bekerjasama dengan Dewan Pengurus Korpri Jawa Timur dan LagzisNU serta RS Swasta ini sebanyak kurang lebih 95 anak berhasil dikhitan.

Sedangkan untuk pengobatan massal disiagakan beberapa tenaga kesehatan dari : Puskesmas terpilih, Dokter Spesialis dari RSUD dr. Iskak, dan seorang dokter dan 4 perawat perwakilan dari Korpri Jawa Timur.

Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 wib dan selesai pada pukul 14.30 wib. (afs/dinkes)