Penerimaan Program Internsip Dokter Indonesia di Kabupaten Tulungagung

Bertempat di Ruang Pertemuan “Wiyata Husada” Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung pada Senin (20/02) yang lalu dilaksanakan Penerimaan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Tahun 2017 yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr. Mochamad Mastur, MM. Sebanyak 18 Dokter yang mengikuti Program Internship ini diterima secara resmi Kadinkes dan mendapatkan pembekalan sebelum ditempatkan di Puskesmas Kauman, di Poli Umum dan UGD RS Bhayangkara. Di masing-masing lokasi penempatan para dokter internship bertugas selama 4 bulan yang kemudian akan bertukar tempat tugas.

IMG_1054-web

Bapak Kadinkes memberikan pembekalan pada para Dokter Internship (afs/dinkes)

Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang.  Undang-Undang Praktik Kedokteran No. 29 tahun 2004 dan perkembangan  global dalam etika praktik kedokteran mensyaratkan bahwa pasien tidak boleh dijadikan objek praktik mahasiswa kedokteran. Hal ini dilakukan untuk menghormati hak-hak azasi pasien. Adanya perubahan mendasar dalam pengendalian praktik kedokteran berdampak pada proses pendidikan dokter, khususnya masa pendidikan klinik selama masa kepaniteraan klinik. Selama masa kepaniteraan klinik, mahasiswa tidak lagi menangani pasien secara mandiri tanpa supervisi yang ketat. Tanggung jawab mutu pelayanan dan legal aspek  selama kepaniteraan klinik berada pada pembimbingnya.

Legal penyelenggaraan program internsip dokter di Indonesia adalah Peraturan Menteri kesehatan Republik Indonesia No.299/Menkes/Per/II/2010 tentang Penyelengaraan Program Internsip dan Penempatan Dokter Pasca Internsip. Konsil Kedokteran Indonesia telah menerbitkan Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia No. 1/KKI/Per/2010 tentang Registasi Dokter Program Internsip. Komite Internsip Dokter Indonesia sebagai Pelaksana Program Internsip Dokter telah diangkat dan ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 138/Menkes/SK/I/2011 tentang Komite Internsip Dokter Indonesia. Pada Tahun 2013, legal aspek pelaksanaan PIDI diperkuat dengan ditetapkannya Undang-Undang No.20 tentang Pendidikan Kedokteran. (afs/dinkes/depkes.go.id)

admin2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEGENAP PIMPINAN DAN SELURUH KARYAWAN DINAS KESEHATAN MENGUCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1438 H"

Alamat Web Puskesmas :

Categories

Archives

Free counters!

Kalender

June 2017
M T W T F S S
« May    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

peta lokasi