Dinkes dan Masyarakat Rancang Strategi Percepatan ODF

Bertempat di Ruang Pertemuan Puskesmas Kedungwaru pada Kamis (02/03) dilaksanakan Pertemuan Partisipatif Masyarakat dalam Peningkatan Akses dan Sarana Jamban Sehat. Pertemuan yang bertujuan untuk memetakan rumusan strategi meningkatkan partisipasi masyarakat akses ke jamban sehat ini diikuti oleh kurang lebih 25 orang dari lintas sektor terkait seperti Forum Kabupaten Sehat, PU Cipta Karya, TP-PKK, Wirausaha Sanitasi, Bappeda, Bapemas Kabupaten dan Microfinance. Hadir juga dalam pertemuan Camat, Kades dan Kepala Puskesmas dari 3 Kecamatan yang memiliki persentase akses ke jamban tinggi.

IMG_1358-web

Suasana diskusi merumuskan strategi percepatan ODF (afs/dinkes)

ODF atau Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Menurut Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, Kesehatan Olahraga, Drs. Agus Prijanto sebanyak 107 Desa sudah terdeklarasikan ODF, dimana artinya di desa-desa tersebut sudah tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat.

Dalam pertemuan, peserta terbagi menjadi 5 kelompok diskusi yang nantinya akan menghasilkan Strategi District Wide dan Action Plan dalam hal Dukungan Kebijakan, Dukungan Anggaran, Keterlibatan Struktural dan Non Struktural, Penciptaan Demand, Upaya Peningkatan Penawaran Sanitasi dan Opsi Gotong Royong serta Monitoring Evaluasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Harapannya dengan pertemuan ini, akan segera didapatkan strategi untuk mempercepat Kabupaten Tulungagung mencapai ODF secara keseluruhan. Pertemuan yang dibuka secara langsung oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung ini bersumber dana dari APBD Kabupaten Tulungagung Tahun 2017. Pertemuan dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 14.00 wib. (afs/dinkes)

admin2

One thought on “Dinkes dan Masyarakat Rancang Strategi Percepatan ODF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Kita Dukung dan Sukseskan Pelaksanaan Imunisasi Campak-Rubella (MR) pada Bulan Agustus - September 2017

Web Puskesmas :

Free counters!

Kalender

August 2017
M T W T F S S
« Jul    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori

Arsip

peta lokasi