Ayo cegah Campak dan Rubella dengan Imunisasi!

Bertempat di SD Negeri Kampungdalem 1 dan SMP Negeri 1 Tulungagung, pada Selasa (01/08) kemarin dilakukan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung yang dalam hal ini dilaksanakan langsung oleh Puskesmas Sembung.

Sebanyak 12 orang Bidan/Perawat dari Puskesmas Sembung bertugas dalam pelaksanaan kampanye ini. Kemudian ada juga 3 personil TEMS dan 2 orang Surveyor Puskesmas yang disiagakan dalam kegiatan ini. Total ada 17 personil Puskesmas Sembung yang berpartisipasi dalam kegiatan kampanye ini. Sasaran imunisasi MR di SD Negeri Kampungdalem 1 sebanyak 921 siswa, sedangkan untuk di SMP Negeri 1 Tulungagung sebanyak 1.369 siswa.

istimewa

Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung turut memberikan suntikan imunisasi Measles Rubella (afs/dinkes)

Measles atau Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau mata kemerahan akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi radang paru (pneumonia), diare, radang selaput otak (meningitis) dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Rubella disebabkan oleh virus dan juga ditularkan melalui batuk dan bersin, biasanya berupa penyakit ringan pada anak, ditandai dengan demam ringan dan bercak merah pada kulit disertai pembesaran kelenjar limfe di belakang telinga dan leher belakang. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan yang dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Sebagai komitmen Indonesia dalam mendukung kesepakatan dunia untuk mencapai eliminasi Campak dan pengendalian Rubella/Conginetal Rubella Syndrome pada tahun 2020 salah satu strategi yang dilakukan adalah pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella/MR. Pelaksanaan kampanye imunisasi MR di Indonesia secara bertahap dalam 2 fase,  fase satu pada bulan Agustus-September 2017 di seluruh Pulau Jawa dan fase dua pada bulan Agustus-September 2018 di seluruh Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR di Kabupaten Tulungagung dilaksanakan di 2.970 pos pelayanan imunisasi meliputi sekolah-sekolah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), SD/MI/sederajat dan SMP/MTs/sederajat, Posyandu, Puskesmas dan  Rumah Sakit, dengan jumlah sasaran 251.430 anak.  Target cakupan minimal 95% dan merata di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung yang diharapkan akan membentuk imunitas kelompok (herd immunity) sehingga dapat mengurangi transmisi virus ke usia yang lebih dewasa dan melindungi kelompok tersebut ketika memasuki usia reproduksi. (vina/afs/dinkes)

Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit Campak dan Rubella.

Dapatkan Imunisasi MR, di pos-pos pelayanan imunisasi MR yaitu di sekolah, posyandu,  puskesmas dan Rumah Sakit selama bulan Agustus dan September Tahun 2017, untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun di Kabupaten Tulungagung, Gratis !

admin2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Kita Dukung dan Sukseskan Pelaksanaan Imunisasi Campak-Rubella (MR) pada Bulan Agustus - September 2017

Web Puskesmas :

Free counters!

Kalender

October 2017
M T W T F S S
« Sep    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori

Arsip

peta lokasi