Budayakan Perilaku “CERDIK” dengan Posbindu PTM

 

Bertempat di Gedung Sabha Husada Bakti Dinas Kesehatan, Jum’at (11/01) Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung mengadakan Posbindu PTM. Kegiatan ini di prakarsai Bidang P2P (Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit).

Acara tersebut diikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Mochamad Mastur, MM dan seluruh staf, serta seluruh karyawan STIKES Hutama Abdi Husada. Kegiatan yang dilakukan mulai dari penimbangan untuk mengetahui berat dan tinggi badan, mengukur lingkar perut, Mengukur Tekanan Darah, serta pengecekan kolesterol dan gula darah.

Selain itu juga diadakan konsultasi Dokter untuk menentukan kebugaran oleh dr. Irnawan, UPTD Puskesmas Kedungwaru dan dr. Bahrudin Budi Santoso, Kabid Pelayanan Kesehatan. Selanjutnya untuk mengetes kebugaran peserta yang hadir harus melakukan jalan kaki dengan jarak 1600 meter bagi yang tidak memiliki faktor resiko Penyakit tidak menular atau 6 menit bagi yang dinyatakan memiliki resiko tersebut.

Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penakit Tidak Menular) bertujuan untuk membudayakan perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Beraktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori berimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola Stress), serta Deteksi Dini faktor resiko Penyakit tidak menular.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang P2P Anna Sapti Saripah, mengatakan “Sebagai orang kesehatan perlu membudayakan CERDIK, salah satunya yaitu dengan cek kesehatan secara berkala. Untuk itu pada tahun 2019 dicanangkan cek kesehatan secara rutin setiap bulan bagi seluruh karyawan Dinas Kesehatan melalui Posbindu PTM”.

Rencananya cek kesehatan melalui Posbindu PTM akan digelar secara rutin setiap bulan bagi seluruh karyawan Dinas Kesehatan. Dengan begitu jika ada faktor resiko penyakit tidak menular akan cepat  tertangani. (asa/dinkesta)

admin3

Leave a Reply

Dapatkan Vitamin A pada Bulan Februari dan Agustus di Puskesmas dan Posyandu “GRATIS !” || Kekurangan Vitamin A menyebabkan : a. Rentan terhadap berbagai penyakit seperti ISPA, Diare dan Campak; b. Pertumbuhan terhambat; c. Gangguan dan kelainan pada mata || Waspadalah !!! terhadap berbagai penyakit di musim kemarau seperti Diare, Kolera, Thypus, DIsentri dan Hepatitis A || Selamat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 74 "SDM Unggul Indonesia Maju" ||
Free counters!

Web Puskesmas :

Aplikasi

Kategori

Arsip

Forum


peta lokasi