LAPORAN FASKES

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS TULUNGAGUNG (SIMPUSTA)

Software aplikasi ini di design sebagai alat perekam data seluruh kegiatan puskesmas sehingga tidak lagi petugas direpotkan oleh hal-hal yang semestinya sudah dapat diproses melalui komputerise. Tahun 2007 ini merupakan awal pengembangan aplikasi ini yang dimulai dengan aplikasi Loket, rawat jalan (BP), Gigi, KIA dan Apotek, meski pada tahun ini belum sempurna. Penyempurnaan ini akan terjadi jika user dipuskesmas dapat memberikan masukan terhadap kekurangan aplikasi ini dalam merekam atau mengeluarkan output (informasi yang dibutuhkan puskesmas/lainnya).

Ke depan SIMPUSTA (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Tulungagung) akan mencakup kegiatan puskesmas (dulu: SP2TP), Simpeg, Data dasar puskesmas dan kegiatan lain yang memerlukan dukungan aplikasi. Pemilihan menggunakan Acces lebih didasarkan pada kemudahan dan kebiasaan kita selama ini menggunakan Microsoft office, di samping kemampuan tenaga programmer ditingkat kabupaten yang belum memadai. Bermodalkan kemauan dan komitmen bersama untuk menghasilkan manfaat bagi semua orang maka aplikasi ini akan menjadi sempurna, ditunjang dengan peningkatan ketrampilan semua petugas kesehatan dalam penggunaan komputer.

Dalam mendukung kemampuan SDM juga dilakukan kalakarya di Kabupaten dengan paket 5 orang yaitu petugas Loket, BP, Gigi, KIA/Imunisasi dan Apotek ditambah operator yang akan bertugas mendampingi untuk pelaksanaan di puskesmas. Jadual menyesuaikan dengan kegiatan puskesmas maupun dinas, mengingat Tim SIK Tulungagung masih sedikit. Timnya SIK Tulungagung yaitu; Anna Sapti Saripah, SKM dan Dr M. Mastur sebagai Tim Manajemen SIK, Saifuddin Zuhri, SSi, MM, Sajimin, SKM, Paijan, Agus Sairi dan Sasmito sebagai Tim Software &
hardware.

Tahapan-tahapan penggunaan Aplikasi SIMPUSTA

Pada desktop terdapat shortcut “SIMPUSTA” klik ganda (double click) pada icon tersebut atau klik kanan mouse lalu pilih open

Selanjutnya kita tunggu proses membuka database SIMPUSTA.MDB, kecepatan akses tergantung

pada komputer yang digunakan. Setelah muncul kotak dialog Password Required seperti pada gambar berikut ketik kata kunci yang telah diberikan dan klik OK

Setelah itu akan muncul kotak dialog security warning seperti gambar berikut, klik Open

Cara kedua adalah dengan windows explorer mencari posisi folder simpusta dan file simpusta.mdb, jika file ini telah ditemukan kita double klik (klik ganda) untuk membukanya.

Selanjutnya MENU UTAMA (tampilan depan) Simpusta akan tampak seperti pada gambar berikut, dengan menu fulldown (menu pilihan) : File, Buka, Program, Laporan, Fasilitas, Penambahan, Filter, Panduan, Keluar, yang masing – masing bisa di klik sesuai dengan pilihan program yang akan dibuka.

ISI MASING-MASING MENU
PILIHAN :

A. Menu
FILTER

1. New : untuk membuat lembar
kerja baru Ms. Acces

2. Open : untuk membuka file
database

3. Save : untuk menyimpan hasil
kerja

4. Page setup :
untuk mengatur ukuran kertas dan batas – batas teks

5. Print Preview :
untuk melihat hasil kerja sebelum dicetak ke kertas

6. Print :
untuk mencetak ke kertas

7. Exit :
untuk keluar dari program

B. Menu BUKA digunakan untuk membuka form
pelayanan (Loket, BP, Gigi, KIA, UGD, Rawat Inap, Poned, Klinik Remaja,
Laboratorium, Surat keterangan/uji kesehatan, Apotek)

C. Menu PROGRAM digunakan untuk membuka form
Program (SIMPEG/kepegawaian, Gizi/Posyandu, Imunisasi, Kader, Kesling/PL, MTBS,
PHN, PKM, SBH, UKS-UKGS)

D. Menu
LAPORAN digunakan untuk membuka form pelaporan (Penyakit, Kunjungan, Keuangan,
Obat, Kinerja Petugas)

E. Menu
FASILITAS

1.
Analyze : untuk
menata database secara kontinu

2.
Kompresi Database : untuk
menyortir/scaning record – record yang bermasalah

3.
Back Up Database : untuk mencopy file
database ke file folder data cadangan

4.
Gabung Pustu/Polindes : untuk menggabung data dari Polindes jika diisi di komputer
pribadi

5. Proses Data :
untuk memproses database ke Ms. Excel atau program lain

6. Mencari :
untuk proses pencarian record tertentu

F. Menu PENAMBAHAN

Digunakan
untuk mengisikan data utama seperti (Setup Utama, Isi Petugas Baru, Edit Data
Petugas, Penduduk Miskin, Target Bayi
dan DDTK, Target Balita dan Apras, Target Ibu, Target Imunisasi, Target KB,
Obat Baru).

G.
Menu FILTER digunakan untuk membatasi atau mengatur format tampilan record
seperti (mengatur urutan:urutkan A-Z/ Z-A, Terapkan filter/Sortir, Lepas
Filter/Sortir, Urutkan sesuai pilihan).

H. Menu PANDUAN untuk membuka modul/ panduan
cara-cara menjalankan program SIMPUSTA.

I. Keluar untuk menutup program SIMPUSTA

MODUL 1 : LOKET

Untuk membuka form Loket klik menu Buka kemudian pilih LOKET sehingga tampil seperti gambar
di bawah:

Form
loket ini digunakan untuk mendata pasien baru/ pertama kali datang ke tempat pelayanan kesehatan (Puskesmas dan jajarannya).

Setiap kali ada pasien baru selalu klik tombol “ISI BARU”, bila pasien baru rekam semua data sesuai form di loket setelah selesai Klik tombol SIMPAN. Untuk tambahan data dasar imunisasi diisi jika ada anak/pasien yang akan diberi imunisasi. Bila pasien tidak memerlukan imunisasi kosongkan aja form tambahan ini. Jika pasien pernah berkunjung berikan karcis dan dipersilahkan ke ruang yang diinginkan berikan no registernya bila lupa maka bisa dicarikan melalui fasilitas cari. Untuk kode petugas tuliskan kode sesuai dengan isian pada tabel petugas yaitu dua digit, misalnya 01, 02, 03, dst kemudian tekan tab, nama petugas akan muncul. Untuk anak usia imunisasi isikan juga data tambahan di form bagian bawah.

Contoh
Penomoran register pasien adalah

000001-A : KK

000001-B : IBU

000001-C : ANAK (Dari C sampai dengan U)

000001-V : Anggota keluarga Lainnya (Dari V sampai
dengan Z)

Untuk
memudahkan pelacakan pada family folder lama tuliskan kode yang baru tersebut
ke no register lama, sehingga jika nantinya dibutuhkan aksesnya akan lebih
mudah dan cepat.

A. BUKA ANTRIAN

Digunakan untuk membuka form antrian pasien yang akan mendapat pelayanan kesehatan. Untuk menjalankannya kelik tombol BUKA ANTRIAN sehingga muncul form seperti berikut :

1. Klik tombol ISI BARU untuk memasukkan pasien pertama

2. Ketik No Reg, pilih cara bayar, kunjungan, ketik ruangan

3. setelah selesai klik tombol ISI BARU untuk pasien berikut

Catatan : jika pasien mencari surat keterangan dokter maka kolom berobat dipilih yang Surat Dokter.

B. MASUKKAN PASIEN KE
ANTRIAN

1.
Setelah pasien baru disimpan bisa langsung dimasukkan ke form antrian dengan
klik tombol Masukkan Pasien Ke Antrian

2.
Selanjutnya di form antrian tinggal mengetikkan kunjungan dan ruangan

C. MENCARI IDENTITAS
PASIEN YANG LUPA BAWA KARTU BEROBAT

1. Klik salah satu tombol di samping kanan isian pasien baru

– Cari No Reg >> Nama : setelah di klik ketikkan Nama pasien yang dicari,
Klik OK


Cari No Reg >> Nama Desa : setelah di klik ketikkan nama desa pasien yang
di cari


Cari No Reg >> Nama KK : setelah di klik
ketikkan nama KK pasien yang dicari


Cari Kode Desa : untuk mencari kode desa bagi petugas yang lupa

2.
setelah menemukan catat no register untuk ke pelayanan selanjutnya

D. MENCARI
TANGGAL LAHIR

Untuk
mencari tanggal lahir pasien yang lupa dengan tanggal lahirnya, dengan catatan tanggal lahir akan sesuai
akumulasi komputer

Caranya
:

1.
ketikkah umur pasien di kolom tahun atau kolom bulan

2.
tekan Enter, maka kolom tanggal lahir akan terisi secara otomatis

MODUL 2 : BALAI PENGOBATAN (BP)

A. PENDAHULUAN

Untuk
membuka form BP klik menu Buka, kemudian pilih BP maka akan tampil form BP
seperti di bawah ini:

Langkah
– langkah mengisi form BP :

1. Klik
tombol ISI BARU

2. Klik
tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)

3. Panggil
pasien dengan speaker atau media yang disediakan

4.   Jika
pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak
dilayani

5.   Isi
kotak isian form BP secara lengkap :

a.
NO REG : no register pasien (jika pakai
antrian otomatis muncul)

b.
Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis
sesuai tanggal komputer hari ini)

c.
Bayar : cara bayar pasien (jika
pakai antrian otomatis muncul)

d.
Tempat : tempat pelayanan (didefault INDUK)
jika tidak pilih salah satu

e.
B/L : kunjungan pasien
(B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)

f. Kasus Ke :
kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama;
BK=bukan kasus)

g. UKS :
jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada

h. Konsul :
Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain;
Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)

i. Anamnese :
Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit

j. Pem. Fisik :
Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien

k. Penunjang :
Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien

l. Dx. Utama :
Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)

m. Tindakan :
Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul

n. Tx :
Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya

o. Rujuk ke :
ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk

p. Buat puyer :
ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan

q. Petugas :
ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan

6.
Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record

7.
jika diperlukan mencetak resep klik
tombol PRINT R/

8.
Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya

9.
Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form BP

B. Fungsi
Tombol di Form BP

1. Sakit Keluarga :
untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor
register yang diinginkan, contoh: 63006

2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat
penyakit dari pasien yang sedang dilayani

3. Kamus Diagnosa : untuk melihat jenis diagnosa secara lengkap
dengan kodenya

4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris

5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat

6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya
secara lengkap

MODUL 3 : GIGI

A. PENDAHULUAN

Untuk
membuka form GIGI klik menu Buka, kemudian pilih GIGI maka akan tampil form GIGI
seperti di bawah ini:

Langkah
– langkah mengisi form GIGI :

1. Klik
tombol ISI BARU

2. Klik
tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)

3. Panggil
pasien dengan speaker atau media yang disediakan

4.   Jika
pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak
dilayani

5.   Isi
kotak isian form GIGI secara lengkap :

a.
NO REG : no register pasien (jika pakai
antrian otomatis muncul)

b.
Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis
sesuai tanggal komputer hari ini)

c.
Bayar : cara bayar pasien (jika
pakai antrian otomatis muncul)

d.
Tempat : tempat pelayanan (didefault
INDUK) jika tidak pilih salah satu

e.
B/L : kunjungan pasien
(B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)

f. Kasus Ke :
kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama;
BK=bukan kasus)

g. UKS :
jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada

h. Konsul :
Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain;
Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)

i. Anamnese :
Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit

j. Pem. Fisik :
Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien

k. Penunjang :
Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien

l. Dx. Utama :
Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)

m. Tindakan :
Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul

n. Tx :
Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya

o. Rujuk ke :
ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk

p. Buat puyer :
ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan

q. Petugas :
ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan

6.
Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record

7.
jika diperlukan mencetak resep klik tombol PRINT R/

8.
Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya

9.
Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form GIGI

B. Fungsi Tombol
di Form GIGI

1. Sakit Keluarga :
untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor
register yang diinginkan, contoh: 63006

2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat
penyakit dari pasien yang sedang dilayani

3. Kamus Diagnosa :
untuk melihat jenis diagnosa secara
lengkap dengan kodenya

4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris

5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat

6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya
secara lengkap

MODUL 4 : KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA)

A. PENDAHULUAN

Untuk
membuka form KIA klik menu Buka, kemudian pilih KIA maka akan tampil form KIA
seperti di bawah ini:

Langkah
– langkah mengisi form KIA :

1. Klik
tombol ISI BARU

2. Klik
tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)

3. Panggil
pasien dengan speaker atau media yang disediakan

4.
Jika pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak
dilayani

5. Isi
kotak isian form KIA secara lengkap :

a.
NO REG : no register pasien (jika pakai
antrian otomatis muncul)

b.
Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis
sesuai tanggal komputer hari ini)

c.
Bayar : cara bayar pasien (jika
pakai antrian otomatis muncul)

d.
Tempat : tempat pelayanan (didefault
INDUK) jika tidak pilih salah satu

e.
B/L : kunjungan pasien
(B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)

f. Kasus Ke :
kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama;
BK=bukan kasus)

g. UKS :
jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada

h. Konsul :
Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain;
Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)

i. Anamnese :
Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit

j. Pem. Fisik :
Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien

k. Penunjang :
Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien

l. Dx. Utama :
Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)

m. Tindakan :
Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul

n. Tx :
Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya

o. Rujuk ke :
ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk

p. Buat puyer :
ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan

q. Petugas :
ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan

6.
Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record

7.
jika diperlukan mencetak resep klik tombol PRINT R/

8.
Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya

9.
Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form GIGI

B. Fungsi Tombol
di Form KIA

1. Sakit Keluarga :
untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor
register yang diinginkan, contoh: 63006

2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat
penyakit dari pasien yang sedang dilayani

3. Kamus Diagnosa :
untuk melihat jenis diagnosa secara
lengkap dengan kodenya

4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris

5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat

6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya
secara lengkap

7. Kartu Ibu :
untuk membuka form Kartu Ibu

8. Kartu KB : untuk membuka form isian KB

9. Kartu Anak : untuk membuka form isian data dasar anak

MODUL 5 : IMUNISASI

Untuk menjalankan program
imunisasi harus membuka SIMPUSTA dulu kemudian ikuti langkah – langkah berikut
:

A. ENTRY DATA IMUNISASI

1. Setelah
menu utama Simpusta tampil, klik Menu Program, Pilih Imunisasi terlihat pada
gambar 1a

Gambar 1a

2. Ketik password pada kotak dialog Password Required,
kemudian klik OK, Gambar 2a

Gambar 2a

3. Untuk mengisi data Imunisasi Klik tombol BUKA
ISIAN IMUNISASI, Gambar 3a

Gambar 3a

4.
Setelah Muncul Form Isian Imunisasi Klik tombol ISI BARU(untuk mengisi data);
SIMPAN (menyimpan record); LOKET(untuk anak yang belum pernah mendapat
pelayanan); Klik kolom isian NO REG (masukkan nomor register); selanjutnya isi
kolom – kolom yang kosong sesuai data yang ada, jika ada anak panah pilihan
tinggal klik pilihannya tidak perlu mengetik sendiri Gambar 4a

Gambar 4a

5. Setelah data terisi penuh Klik tombol SIMPAN
(untuk menyimpan record), untuk mengisi data yang lain Klik Tombol ISI BARU,
jika sudah selesai Klik tombol KELUAR

B. MEMASUKKAN
DATA PENERIMAAN VAKSIN

1. Klik Tombol ISIAN VAKSIN MASUK pada menu
utama imunisasi, seperti pada gambar 1b

Gambar 1b

2. Klik tombol ISI VAKSIN MASUK untuk memulai
pengisian penerimaan vaksin. Gambar2b

Gambar 2b

3. Setelah selesai Klik tanda silang (X) di
kanan atas form isian

4. Untuk kolom Vaksin (tinggal dipilih); Penerima
(Pilih nama petugas Jurim)

C. MEMASUKKAN
DATA PENGELUARAN VAKSIN

1. Klik Tombol ISIAN VAKSIN KELUAR pada menu utama
imunisasi, seperti pada gambar 1c

Gambar 1c

2. Klik tombol ISI VAKSIN KELUAR untuk memulai
pengisian penerimaan vaksin. Gambar2c

Gambar 2c

3. Setelah selesai Klik tanda silang (X) di
kanan atas form isian

4. Untuk kolom Vaksin (tinggal dipilih);
DiberikanKepada (Pilih nama petugas Penerima vaksin, misal: Nama Bidan, atau
Perawat yang melaksanakan imunisasi)

1. Klik Tombol MUTASI DAN SISA VAKSIN pada menu utama imunisasi,
seperti pada gambar 1d

Gambar 1d

2. Setelah seperti gambar 2d muncul maka Ketik Tanggal mulai dan
selesai pelaporan dan pilih Nama Vaksin yang akan dilihat, selanjutnya klik OK

Gambar 2d

3. Setelah selesai untuk menutup form Klik tanda silang (X) di kanan
atas form isian

F. LAPORAN
PWS IMUNISASI

1. Buka File PWS IMUNISASI di folder
D:SimpustaExcel…;

2. Setelah kotak dialog security warning Klik
Enable Macros

3. Klik Sheet SETTING kemudian ganti tahun, isi
Nama Desa Sesuai dengan wilayah kerja puskesmas, Target Bayi dan WUS, selain
wilayah kerja ketik DESA….(sesuai nomor urut dibawahnya), kemudian keluar,
seperti Gambar 1f

Gambar 1f

4. Klik Tombol PWS KONVENSIONAL pada menu utama
imunisasi, seperti pada gambar2f

Gambar 2f

5. Tunggu proses, setelah seperti gambar 3f
muncul maka Klik YES

Gambar 3f

6. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar
4f selanjutnya klik “Enable Macros”

Gambar 4f

7.
Klik Sheet Bulan yang diinginkan, untuk melihat laporan PWS bulanan
Misal : 8, seperti Gambar 5f

Gambar 5f

8. Untuk membuat Grafik Klik Sheet bulan yang diinginkan,
misal: 8 kemudian tekan tombol keyboard Ctrl + Shift + G, maka akan terlihat
hasilnya seperti gambar 6f

Gambar 6f

G. LAPORAN
CAKUPAN IMUNISASI PERDESA

1. Klik Menu Laporan; Pilih Data Imunisasi
Perdesa, Klik antigen yang ingin dilihat cakupannya, Misalnya : BCG seperti
terlihat pada gambar 1g

Gambar 1g

2. Setelah seperti gambar 2g muncul maka Ketik
Nama Desa dan selanjutnya Klik OK

Gambar 2g

3. Kemudian akan muncul kotak dialog pengisian tanggal
laporan seperti Gambar 3g dan gambar 4g maka ketikkan tanggal mulai dan sampai,
selanjutnya klik OK

Gambar
3g Gambar
4g

4. Setelah itu akan muncul hasilnya, dan jika
selesai klik tanda silang (X) kanan atas form

H. PEMETAAN
IMUNISASI

1. Klik Tombol PWS GEO MAPPING pada menu utama imunisasi, seperti
pada gambar 1h

Gambar 1h

2. Setelah seperti gambar 2h muncul maka Ketik
Tanggal mulai dan selesai pemetaan, kemudian klik tombol nama antigen yang
diinginkan.

Gambar 2h

3. Maka akan hasilnya terlihat seperti gambar
3h, apabila ingin mengetahui secara detail datanya dari jumlah masing-masing
desa yang muncul tinggal diKlik saja.

Gambar 3h

1. Klik Tombol GOLDEN STANDARD IMUNISASI pada menu utama imunisasi,
seperti pada gambar 1i

Gambar 1i

2. Setelah seperti gambar 2i muncul maka Ketik Tanggal lahir mulai,
kemudian klik tombol nama antigen yang diinginkan.

Gambar 2i

3. Maka akan muncul hasilnya berupa grafik lingkaran.

4. Jika ingin melihat valid dose klik Tombol GOLD STANDAR DAN VALID
DOSE PER ANAK ikuti prosesnya maka akan kelihatan hasilnya.

J. DO
SASARAN IMUNISASI

1. Klik Tombol ANTISIPASI DO IMUNISASI pada menu
utama imunisasi, seperti pada gambar 1j

Gambar 1j

2. Setelah seperti gambar 2j muncul maka Ketik
Tanggal lahir mulai, kemudian klik tombol nama antigen yang diinginkan.

Gambar 2j

3. Maka akan muncul daftar imunisasi secara rinci
seperti gambar 3j

Gambar 3j

4. Data diatas dapat digunakan untuk sweeping
imunisasi

MODUL 6 : APOTEK

A. PENDAHULUAN

Untuk
membuka form Apotek klik menu Buka, kemudian pilih APOTEK maka akan tampil form
APOTEK seperti di bawah ini:

Langkah
– langkah mengisi form APOTEK :

1. Klik
tombol ANTRI OBAT

2. Panggil
pasien jika data sesuai dengan form (jika loket menggunakan antrian)

3. Klik
tombol dilayani/diobati

4.
Ketikkan nama petugas, kemudian berikan obat sesuai dengan yg ada di form

5.
Klik kotak yang ada di tombol KLIK SETELAH DIBERI OBAT

6.
Jika obat tidak tersedia konsultasikan kembali dengan dokternya

B. Fungsi Tombol
di Form APOTEK

1. Pasien Berikut :
untuk melayani pasien nomor urut berikutnya

2. Resep yang belum diberi : untuk menampilkan pasien
yang belum diberi obat

3. Cetak resep :

untuk mencetak resep sesuai dengan form
yang tampil

4. Stok Keluar :
untuk melihat berapa obat yang dikeluarkan perhari

LAPORAN

Klik
ikon Laporan pada tampilan SIMPUSTA, maka akan diperoleh tampilan seperti di bawah
ini, selanjutnya anda tinggal memilih menu yang ada.

Di bawah ini adalah tampilan
10 besar penyakit gakin. Selanjutnya arahkan mouse ke button yang diinginkan

Isikan bulan
dan tahun yang diinginkan OK, maka terlihat hasilnya seperti dibawah ini

Ulangi pada ikon/button
sesuai kebutuhan data yang akan dimanfaatkan oleh user maupun stakeholder. Jika
data yang dibutuhkan tidak muncul maka bisa didesign query tersebut oleh
operator puskesmas atau tenaga yang memiliki ketrampilan untuk hal tersebut.


PETUNJUK PEMBUATAN LAPORAN OBAT

A. MEMBUAT LAPORAN LPLPO DAN PERESEPAN

LPLPO singkatan Laporan Pemakaian
dan Laporan Pengeluaran Obat dan Hitung Resep terdapat formula macro, oleh
karena itu supaya macro bisa dijalankan, langkah yang harus dilakukan
sebelumnya adalah sebagai berikut:

Buka Microsoft Excel

Klik Tools à Macro à Security à pilih Medium

Klik OK.

Tutup
Microsoft Excel, setelah itu Microsoft Excel siap untuk menjalankan Macro.

LANGKAH –
LANGKAH MEMBUAT LAPORAN LPLPO

1. Buka
Laporan pada Halaman Depan SIMPUSTA

a. Klik Penyakit, Obat
dan Karcis

b. Klik

Tombol Total Obat Keluar

2. Perhatikan kotak dialog peringatan baca dengan
seksama setelah selesai, Klik OK

3. Jika muncul kotak dialog di bawah ini klik Yes

4. ISI RENTANG WAKTU YANG DIKEHENDAKI

Tanggal Awal Tanggal
Akhir

5. Kemudian Klik File OBAT_KELUAR_TOTAL,

Klik
Sheet ”Obat_Keluar” selanjutnya tekan tombol Ctrl+Shift+S

6. Klik kanan pada Range Jumlah di Sheet
”DATA_LPLPO” di file Obat_Keluar_Total

7. Kembali ke Ms. Access, dengan cara klik
pilihan di Status Bar bawah seperti di gambar. Kemudian pilih APL4: Form

8. Klik tombol pilihan LPLPO TOTAL, ikuti proses
selanjutnya

9. Klik sheet bulan tertentu, klik kanan pada
baris awal Pemakaian Dalam”

10. Pilih Paste Spesial, Value

Catatan Penting !!!

1. Mohon stok obat diisikan pada Sheet bulan Januari dimana data tersebut
berasal dari sisa Akhir pada bulan terakhir !! ( Misalnya sesuai contoh: Sisa
Akhir Bulan April pada LPLPO yang lama,
dipindah sebagai Stok Awal di bulan Januari LPLPO yang Baru ).

2. Bila mendapat obat dari GFK, maka pada kolom
”Pemberian” LPLPO harus diisi sesuai
sumber asal obat, misalnya ASKES/DAU/JPKMM/PJKMM,BUFER/PROGRAM , karena
angka tersebut akan menjadi
penerimaan pada bulan berikutnya.

3. Untuk
mengisi Jumlah Cara Bayar lihat di File Obat_Keluar_Total

B. MEMBUAT LAPORAN LB1

1.
Klik Tombol Penyakit, Obat dan Karcis

2.
Setelah muncul form berikutnya Klik “LB1 LENGKAP”

Output yang dihasilkan ini baru menghasilkan total
kasus kesakitan (LB1), belum dirinci menurut Kasus Baru, Kasus Lama, Kasus
Lanjut

3.
Isi rentang waktu
yang dikehendaki

Tanggal mulai
Tanggal akhir

4.

Maka akan muncul hasil LB1 sesuai batasan tanggal

Langkah yang sama seperti diatas harus dilakukan
untuk membuat laporan bulan berikutnya

Untuk kebutuhan analisis lain bisa dilakukan
menggunakan MS excel, dengan cara mengeksport report dari MS Acces, untuk
jelasnya lihat gambar di bawah ini

.

Ketik nama file, pilih type file lalu klik export,
maka akan diperoleh file MS excel seperti di bawah ini

Selanjutnya kode penyakit diurutkan dengan cara
menempat kursor pada A2 lalu klia sort A-Z, maka akan diperoleh sheet di bawah
ini

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MARI KITA DUKUNG "PEMERATAAN PEMBANGUNAN INDONESIA YANG BERKEADILAN SEBAGAI WUJUD KEBANGKITAN NASIONAL"

Alamat Web Puskesmas :

Puskesmas Pakel Puskesmas Campurdarat Puskesmas Kalidawir Puskesmas Bendilwungu Puskesmas Sembung Puskesmas Ngantru Puskesmas Karangrejo Puskesmas Kauman Puskesmas Gondang Puskesmas Sendang Puskesmas Dono Puskesmas Tiudan Puskesmas Sumbergempol Puskesmas Tanggunggunung Puskesmas Besole

Categories

Archives

Free counters!

Kalender

May 2017
M T W T F S S
« Mar    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

peta lokasi