SARANA PELAYANAN KESEHATAN

PENERBITAN SURAT IZIN SARANA PELAYANAN KESEHATAN

1. Pengertian
Surat Izin Sarana Pelayanan Kesehatan adalah izin yang diberikan kepada seseorang atau badan hukum untuk menyelenggarakan pelayanan pada sarana kesehatan setelah memenuhi persyaratan tertentu.
2. Dasar Hukum
Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2011 tentang Izin Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan.

3. Persyaratan
a. Mengisi formulir permohonan izin;
b. Melampirkan KTP pemohon atau akte pendirian badan hukum;
c. Melampirkan IMB dan Izin Gangguan (HO) untuk klinik dan rumah sakit;
d. Melampirkan dokumen UKL/UPL bagiklinik dan rumah sakit;
e. Melampirkan denah lokasi dan denah ruangan;
f. Melampirkan daftar tenaga beserta SIP, SIK dan/atau ijazah;
g. Melampirkan daftar peralatan;
h. Melampirkan daftar dan tariff pelayanan;
i. Melampirkan surat izin lama bagi yang memperpanjang izin;

4. Prosedur Pelayanan dan Bagan Alur Proses
a. Prosedur.
1. Pemohon menyerahkan berkas permohonan kepada petugas;
2. Petugas meneliti kelengkapan persyaratan permohonan dan mengembalikan apabila persyaratan belum lengkap;
3. Apabila persyaratan telah lengkap, petugas mencatat dalam buku register dan memberikan tanda terima berkas kepada pemohon;
4. Petugas memberitahukan jadual kunjungan penilaian lapangan;
5. Petugas meneliti kembali keabsahan dokumen permohonan;
6. Kunjungan penilaian lapangan;
7. Apabila hasil kunjungan masih perlu ada perbaikan, maka pemohon harus melaksanakan saran dari tim perizinan;
8. Petugas mencetak surat ijin setelah sarana kesehatan memenuhi persyaratan;
9. Penandatanganan oleh pejabat yang berwenang;
10. Pencatatan dan pemberian nomor serta tanggal surat izin;
11. Meyerahkan surat izin kepada pemohon.

b. Bagan alur proses

 

5. Waktu Pelayanan
Senin s/d Kamis : 07.00 – 12.00 WIB dan 13.00 – 15.30 WIB
Jum’at                    : 07.00 – 11.00 WIB dan 13.00 – 14.30 WIB

6. Pembiayaan
Pelayanan ini tidak dikenakan biaya atau gratis.

7. Produk layanan
a. Izin Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Medik, meliputi :
1. Izin Mendirikan Rumah Sakit kelas C dan D;
2. Izin Operasional Rumah Sakit kelas C dan D;
3. Izin Klinik Pratama;
4. Izin Klinik Utama;
5. Klinik Rawat Inap Pelayanan Medik Dasar.

b. Izin Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Penunjang Medik, meliputi :
1. Izin Apotek;
2. Izin Laboratorium Klinik Pratama;
3. Izin Sarana Pelayanan Rehabilitasi Penyalahgunaan dan Ketergantungan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA);
4. Izin Unit Transfusi Darah.

c. Izin Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lainnya, meliputi :
1. Izin Optik;
2. Izin Toko Obat;
3. Izin Toko Jamu;
4. Izin Toko Alat Kesehatan;
5. Izin Klinik Kecantikan/Estetika;
6. Izin Sehat Pakai Air (SPA);
7. Izin Pengobat Tradisional;

d. Rekomendasi, meliputi :
1. Rekomendasi Izin Rumah Sakit kelas B;
2. Rekomendasi Pedagang Besar Farmasi (PBF);
3. Rekomendasi Penyalur/Cabang Penyalur Alat Kesehatan;
4. Rekomendasi Produksi Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga;
5. Rekomendasi Industri Kecil Obat Tradisional (IKOT);
6. Rekomendasi Industri Obat Tradisional (IOT);
7. Rekomendasi Surat Tugas Dokter Spesialis;
8. Rekomendasi Laboratorium Klinik Utama;
9. Rekomendasi Tenaga Apoteker;

8. Kompetensi Petugas Pelayanan
a. Petugas yang kompeten dan profesional bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan
b. Petugas bersikap asertif (ramah, santun, membantu, yakin dan meyakinkan, teliti, informatif, menghargai waktu serta murah senyum).

9. Sarana dan prasarana pelayanan
Ruang Kerja, meja kursi, komputer, printer dan alat tulis kantor.

10. Mekanisme Pengaduan
a. Telephone nomor : 0355-321924
b. Kontak pengaduan/kotak saran
c. Email dinkesta@yahoo.com; klik disini

11. Sanksi
Apabila terjadi penyimpangan pelayanan atau tidak yang telah ditentukan bagi penyelenggara pelayanan akan diberi sanksi administrasi.

admin

2 thoughts on “SARANA PELAYANAN KESEHATAN

    • Terimakasih Sdr. Awan

      Berikut persyaratan untuk mengurus Perijinan-Industri Rumah Tangga (P-IRT) :

      Mengisi blangko pendaftaran (di bagian Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan)
      Fotocopy KTP yang masih berlaku 2 lembar
      Fotocopy surat pendaftaran industri kecil dari Disperindag (kalau ada)
      Pas photo hitam putih ukuran 3×4 3 lembar
      Materai 6000 1 lembar
      Daftar jenis yang diproduksi maksimal 5 jenis (1 merk)
      Contoh label masing-masing jenis 2 lembar
      Contoh/sample produksi
      Alur proses produksi
      Denah bangunan 2 lembar
      Peta lokasi 2 lembar
      Mengikuti penyuluhan (menunggu informasi lebih lanjut)

      Untuk lebih jelasnya silahkan Saudara Farid langsung ke Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan. Lokasinya di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung sebelah timur Gedung Kampus Stikes Hutama Abdi Husada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DALAM RANGKA HKN KE-52 MARI KITA SUKSESKAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GEMAS) DI KABUPATEN TULUNGAGUNG
Free counters!

Categories

Archives

Kalender

February 2017
M T W T F S S
« Jan    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728  

peta lokasi