Pengunjung

Visits today: _
Total Visits:_
Online:1

 

SIAP SUKSESKAN VAKSINASI COVID-19

Call Dinkes (0355) 321924

Mengajak masyarakat Tulungagung berinteraksi melalui “Dinkesta Menyapa”

Suasana proses post-production di Studio Podcast Dinkesta, oleh tim kreatif Seksi Promkes (afs/dinkes)

Warga Tulungagung sepertinya sudah tidak asing lagi dengan istilah podcast. Apalagi sudah banyak public figure yang membuat kanal podcast yang dikemas dalam tampilan audio visual yang menarik.

Seperti contohnya yang sudah tersohor podcast dari Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad ataupun Atta Halilintar, interview dengan narasumber bisa disaksikan secara langsung oleh pemirsa melalui kanal video Youtube.

Padahal menurut sejarahnya kata podcast berasal dari paduan kata “iPod” dan “broadcast” yang sejatinya adalah siaran audio dari seseorang atau juga 2 orang atau lebih yang berbincang-bincang membahas topik tertentu. Tapi seiring perkembangan jaman, dan meningkatnya minat masyarakat terhadap konten audio visual, podcast lebih disukai disimak melalui kanal Youtube.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung (Dinkesta) tidak ingin ketinggalan menghadapi perkembangan jaman tersebut, terhitung sejak 15 Februari 2022 yang lalu Dinkesta melakukan launching perdana siaran podcast dengan tema “Kewaspadaan Covid-19 Omicron”.

Evaluasi setelah proses streaming/recording podcast selesai, dipimpin oleh Sub Koordinator Seksi Promkes (afs/dinkes)

Siaran live streaming podcast disampaikan melalui akun Instagram (IG): @dinkesta dimana masyarakat diajak berpartisipasi melakukan tanya jawab melalui kolom chat Live IG yang kemudian setelah selesai acara, tim kreatif dari Seksi Promosi Kesehatan melakukan post-production mengemas siaran tersebut secara apik yang kemudian diunggah melalui channel Youtube “Dinkesta TV”

Berbagai tema sudah disiapkan sebagai planning program atau acara di Tahun 2022 seperti tentang Telemedicine, Kesehatan Ibu dan Anak, Keamanan Pangan, Stunting, Homecare, TBC serta tema-tema lain yang menarik untuk diangkat ke permukaan dan menjadi konsumsi publik.

Adapun yang didapuk menjadi Host berasal dari kelompok profesional dan juga dari pengelola program di Dinkesta. Dan untuk siaran podcast dibuat sesuai kebutuhan masyarakat atau on-demand dengan kemasan kekinian dan simpel bukan Top-Down atau hanya untuk kepentingan program.

Sesuai himbauan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tulungagung, dr. Kasil Rokhmad, MMRS bahwa kita harus bisa selalu berinovasi untuk bisa eksis dan menjawab tantangan yang ada di bidang kesehatan. Kadinkes berharap dengan adanya podcast ini dapat memperluas jangkauan informasi ke masyarakat di seluruh penjuru Tulungagung serta bisa menjawab permasalahan yang ada dari pelaku langsung ataupun yang ahli di bidangnya. (nq/afs/dinkes)

Leave a Reply