Pengunjung

Visits today: _
Total Visits:_
Online:0

 

SIAP SUKSESKAN VAKSINASI COVID-19

Call Dinkes (0355) 321924

Uji sampel takjil ramadhan untuk keamanan pangan

TELITI | Petugas melakukan pengujian sampel makanan takjil yang mengandung boraks.

Bertempat di teras Abdi Coffee, Barata Convention Hall Tulungagung pada Jum’at (09/04) Dinas Kesehatan kembali melakukan kegiatan pengawalan mutu keamanan pangan di awal bulan ramadhan 1443 H dengan membuka posko Pusat Informasi Obat Dan Makanan Dan Layanan Pengujian Makanan.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Bapak Masduki, M.Kes ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan sampel makanan takjil yang dicurigai mengandung bahan tambahan pangan yang dilarang / bahan berbahaya. Pada kegiatan tersebut juga langsung dilakukan pengujian sampel baik makanan takjil maupun makanan ringan dengan menggunakan rapid teskit 4 parameter (Borak, Rhodamin B, Methanil Yellow serta Formalin). Kurang lebih 111 takjil dan makanan ringan terkumpul untuk dilakukan uji sampel. Dari hasil pengujian didapatkan 4 (empat) macam takjil, 3 (tiga) makanan ringan yang mengandung bahan berbahaya sejenis rodhamin b (pewarna tekstil) dan 1 macam yang mengandung boraks.

SUKSES | Seluruh petugas dan penyelenggara berfoto bersama seusai acara selesai.


Selama proses pembelian sampel takjil juga dilakukan KIE terhadap pedagang dan pembeli tentang makanan yang disinyalir mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Dengan masyarakat melihat langsung hasil uji sampel maka masyarakat akan semakin cerdas untuk memilih makanan sehat dan penjual cerdas dalam menyediakan makanan yang sehat. Harapannya masyarakat Tulungagung merasa aman dan nyaman mengkonsumsi makanan.


Tips bagi masyarakat dalam membeli makanan takjil dengan cara :
1. Beli makanan dari penjual di tempat yang bersih
2. Jangan membeli makanan yang dikelilingi lalat
3. Perhatikan penempatan makanan (jangan membeli makanan di tempatkan terbuka) belilah makanan yang tertutup /di tempakan di etalase
4. Perhatikan cara penganbilan makan oleh penjual / jangan pakai tangan telanjang sebaiknya paki penjepit atau sendok
5. Pembungkus jangan menggunakan kertas Koran sebaiknya menggunakan plastik yang aman untuk makanan/atau membawa wadah yang bersih dari rumah
6. Jangan membeli makanan takjil di dekat pembuangan sampah (beli makanan dekat sampah / kotoran maka bakteri akan dg mudah mencemari makanan).

Satu tindakan untuk masa depan dengan CEK KLIK (CEK KEMASAN, CEK LABEL, CEK IZIN EDAR dan CEK KADALUWARSA). (fen/dinkes)

Leave a Reply